Penemu Benua Amerika Cristopher Colombus


   Kristoforus Kolumbus sang penemu Benua Amerika begitulah dunia mengenalnya. Beliau adalah seorang penjelajah dan pedagang asal Genoa, Italia yang menyeberangi Samudera Atlantik dan sampai ke benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492. Christopher Columbus lahir pada tanggal 30 Oktober 1451 dan wafat pada tanggal 20 Mei 1506.
    Christopher memulai karirnya dengan bekerja di beberapa kapal perdagangan dengan berbagai profesi, Beliau percaya bahwa bumi berbentuk bola kecil dan beranggapan bahwa sebuah kapal dapat sampai ke timur jauh melalui jalur barat. Karena teorinya itulah beliau mencoba untuk  membuktikannya dengan mengarungi dunia dan melihat apa yang belum dilihatnya dan kemudian menulisnya dalam sebuah catatan perjalanan.

   Christopher berusaha mendapatkan dukungan dari kerajaan untuk melakukan perjalanan kelaut. Namun terus-menerus gagal, beliau sudah mencari dukungan dari Perancis dan Inggris namun berakhir nihil, kemudian Christopher menetap di Spanyol dan masih berjuang untuk mendapatkan dukungan untuk proyek penjelajahannya. Pada akhirnya, Raja Ferdinand dan Ratu Isabella menyetujui untuk mendanai ekspedisi ini, dan pada tanggal 3 Agustus 1492, Columbus dan armadanya yang terdiri dari tiga kapal yaitu Santa Maria, Pinta dan Niña, berlayar melintasi Atlantik.

   Dalam upaya mencari jalan dari Eropa ke Timur tanpa di sengaja ia menemukan benua Amerika. Christopher mengira bahwa pulau tersebut masih belum berpenghuni sama sekali. Mereka berencana menjadikan pulau tersebut sebagai perluasan wilayah Spanyol. Tetapi setelah menerobos masuk, Christopher terkaget dengan ditemukannya bangunan yang sama persis pernah beliau lihat sebelumnya ketika mendarat di Afrika.Wilayah tersebut ternyata sudah diduduki oleh suku indian. Pada awalnya suku indian menerima mereka dengan baik, namun setelah beberapa lama kemudian mereka menyadari bahwa kehadiran Christopher dan kelompoknya mengganggu serta memberikan ancaman bagi mereka dan terjadilah pertempuran dan terus berlanjut dalam waktu yang lama.

    Christopher bukan orang Eropa pertama yang sampai ke benua itu, karena sekarang telah diakui secara meluas bahwa orang-orang Viking dari Eropa Utara telah berkunjung ke Amerika Utara pada abad ke 11 dan mendirikan koloni L'Anse aux Meadows untuk jangka waktu singkat. Temuannya atas wilayah yang tak di sengaja ini membuat Christopher Colombus menjadi orang berpengaruh dalam sejarah penjelajahan dunia, sekaligus membuka jalan bagi Eropa untuk menemukan wilayah pemukiman baru dengan sumber kekayaan alam yang berlimpah. Dampak buruk dari peristiwa ini adalah hilangnya kebudayaan dari suku Indian. 

   Christopher berfikir bahwa bukan mustahil menemukan jalan lebih praktis ke daerah Asia di timur dengan cara berlayar ke arah barat melintasi Samudra Atlantik. Niat besar ini tidak akan terlaksana tanpa biaya cukup. Karena itulah Christopher membujuk Ratu Isabella menyediakan anggaran untuk ekspedisi percobaannya.

    Perjalanan ekspedisi kedua pun di mulai dengan misi perjalanan: mencari rute perdagangan baru, mencari harta/emas dan rempah-rempah serta ada misi penyebaran kristenisasi ke daerah-daerah baru. Pelayaran panjang dan melelahkan ini membuat beberapa awak kapal berfikir ingin kembali, mereka membicarakan hal ini dengan Christopher namun beliau ingin  tetap melanjutkan ekspedisi.

   Christopher kembali ke Spanyol pada bulan Maret dari penjelajahan panjang dan dahsyat itu, mereka disambut dengan penuh penghormatan. Selepas itu dia melakukan serentetan pelayaran melintas Atlantik dengan harapan menginjakan kaki di Cina dan Jepang. Tetapi sia-sia! Christopher bersiteguh pada pikirannya bahwa beliau sudah menemukan jalur perjalanan ke Asia Timur jauh sebelum orang lain sadar.

   Christopher semasa hidupnya tidaklah sepenuhnya dikagumi. Dia terkenal kikir dan serakah. Sifat inilah yang menyebabkan dia menghadapi kesulitan memperoleh dana bantuan dari Ratu Isabella. Christopher terlampau menampakkan keserakahannya saat melakukan tawar-menawar. Kabarnya beliau juga memperlakukan kekejaman pada orang-orang Indian. Christopher Columbus meninggal pada 20 Mei 1506.



Baca artikel menarik lainnya mengenai Raja Harald Hardrada (Harald III)

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates