Biografi Tokoh Charlie Chaplin

Charlie Chaplin



  

   Charlie Chaplin lahir di East Street, Walworth, London, Inggris, pada tanggal 16 April 1889. Chaplin sangat terkenal di era film bisu, beliau menulis, menyutradarai, memproduksi, menyunting, membintangi dan mengkomposisikan musik untuk filmnya sendiri. Banyak film yang Chaplin buat menjadi terkenal dan dikenal sampai saat ini. Semua kesuksesan yang didapatkan Chaplin dapatkan didapat dengan penuh perjuangan.

   Di masa kecilnya Chaplin menghadapi masa-masa sulit bersama ibunya tercinta. Orangtua Chaplin bercerai saat beliau masih amat muda, ibu dari Chaplin kecil berjuang seorang diri untuk menafkahi Chaplin kecil dan dirinya dengan gaji yang amat kecil dari pekerjaan sebagai penyanyi. Beban hidup yang amat sulit saat itu mengakibatkan sang ibu akhirnya menjadi gila dan akhirnya dimasukan kedalam rumah sakit jiwa, saat itu Chaplin kecil berusia 14 tahun.

   Bekerja sebagai penjual bunga, pembantu, pengantar belanjaan, menjual barang bekas dan menjual surat kabar, semua itu beliau lakukan untuk melanjutkan hidup. Hidup yang beliau jalani penuh dengan kerja keras, impian besar untuk menjadi aktor besar juga sedang coba diraihnya. Chaplin memulai karirnya sebagai aktor pada usia 12 tahun dengan menawarkan diri di sebuah kantor agen aktor, peran sebagai pengantar surat kabar beliau dapatkan dan berhasil beliau lakukan dengan baik, pujian karena aktingnya yang menarik beliau dapatkan.

   Sebuah pelajaran penting dalam dunia aktor dan film didapatkan Chaplin pada usia 17 tahun, saat itu Chaplin menciptakan suatu peran dengan genre komedi yang ditulisnya sendiri dan mencoba mengikuti audisi pentas. Insiden yang tidak diperkirakan terjadi pada saat Chaplin tampil, penonton bersorak memaksa Chaplin turun panggung saat sandiwara masih berjalan. Chaplin mencari tahu apa kesalahannya dan belajar dari kesalahan tersebut.

   Peristiwa lainnya yang cukup penting dalam karir Chaplin terjadi pada saat beliau di undang dalam pementasan drama sandiwara The Football Match. Dalam pementasan drama tersebut Chaplin belajar mengenai pendalaman karakter tokoh secara mendalam. Dalam pentas tersebut semua orang tertawa dan pementasan sukses dan lancar.

   Chaplin pergi ke Amerika dan disana beliau bertemu Mack Sennet dari Keystone Film Company. Chaplin mendapat kontrak besar untuk memerankan tokoh dalam film bergenre komedi. Kekecewaan dirasakan Chaplin pada sang sutradara, karena adegan saat Chaplin berimprofisasi dalam memainkan perannya di edit oleh sang sutradara. Kekecewaan itu di sampaikan Chaplin pada Mack Sennet dan sennet pun mempersilahkan Chaplin untuk memainkan peran sesuka hatinya.

   Chaplin menciptakan sebuah perusahaan distribusi Uniter Artist pada tahun 1919 untuk memberikan kuasa penuh atas semua film-filmya. Beberapa film Charlie Chaplin antara lain:

Shoulder Arms                        (1918)
A Dog’s Life                           (1918)
The kid                                    (1921)
Pay Day                                   (1922)
A Woman Of Paris                  (1923)
The Pilgrim                             (1923)
The Gold Rush                        (1925)
The Circus                               (1928)
City Light                                (1931)
Modern Times                         (1931)
Great Dictator                          (1940) Film yang memparodikan Adolf Hitler
Monsiur Verdoux                     (1947)
Limelight                                 (1952)

   Charlie Chaplin meninggal pada 25 Desember 1977 di usia 88 tahun. Beliau dimakamkan di Corsier-Sur-Vervey dan akhirnya dipindahkan didekat danau Geneva karena sebuah insiden, makam Charlie Chaplin digali dan tulang-tulangnya dicuri oleh sekelompok mekanik yang meminta tebusan kepada keluarga Chaplin. Chaplin dikenang sebagai komedian berbakat sepanjang masa dan memiliki ciri khas yang sulit ditiru. Charlie Chaplin telah memberikan canda dan tawa yang disertai dedikasi tinggi dalam setiap film-film yang dibintanginya.

2 comments :

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates